Sabtu, 01 Agustus 2009

Apa Sih Teater itu?



Oleh: Drs. Moh.Syaiful


Pengertian Teater


Teater berasal dari bahasa Yunani yang berarti gedung atau tempat pertunjukan. Kata teater dalam bahasa Inggris theater mengandung pengertian antara lain :
1. Gedung pertunjukan, tempat orang menonton pertunjukan
2. Tontonan yang disajikan di gedung pertunjukan terutama yang menyajikan lakon
3. Adegan, permainan yang dipandang sebagai drama atau bahan-bahan dramatik

Di dalam masyarakat kita teater lebih didekatkan pada pengertian drama dan seputar akting. Pada jaman penjajahan di Indonesia dahulu teater sudah ada yang dikenal dengan toneel. Budayawan dari Surakarta Sri Paduka Mangkunegara VII menggunakan istilah Sandiwara untuk teater. Sandiwara berasal dari dua kata yaitu Sandi dan Warah, sandi berarti tersamar atau terselubung atau juga rahasia, sedangkan warah berarti ajaran, atau nasihat atau juga didikan. Jadi sandiwara adalah pendidikan atau nasihat yang tersamar.
Sandiwara sendiri berarti sebuah bentuk seni peretunjukan dengan peraga manusia sebagai pemain yang membawakan lakon ajaran atau didikan yang tersamar. Biasanya sandiwara menggunakan iringan alat musik gamelan atau karawitan.

B. Aspek Pendukung Seni Teater
Di dalam penyajiannya teater merupakan bentuk seni pertunjukan yang kompleks. Dalam teater tercakup beberapa seni lain yang ikut mendukung keberadaan seni teater. Seperti seni sastra, seni peran, seni gerak, seni rupa, seni musik, bahkan pula seni tari.

Teater menggunakan seni sastra sebagai bahan dasar dari cerita dan dialogmya. Sedangkan seni peran atau akting merupakan bagian yang pokok yang membedakan seni drama atau teater berbeda dengan seni-seni lainnya. Peniruan watak, gerak-gerik serta

Seni Musik juga merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam penyajian teater. Musik dalam teater bukan lagi hadir sebagai pengiring atau pemanis dalam penyajian teater. Tetapi bahkan bisa sebagai pembentuk dan penegas suasana adegan. Bahkan yang terpenting musik bisa hadir sebagai pembeda dari karakter tokoh saat pemunculannya.

Seni tari sering dipakai sebagai dasar pembentuk karakter bagi seorang pemain. Gerak lembut, atau gerak penuh emosional dapat disajikan dengan gerak tari. Tari juga dapat digunakan untuk menggantikan gerak biassa menjadi gerak maknawi yang indah. Terkadang gerakan tari bisa menggambarkan simbol-simbol tertentu.

C. Bentuk-bentuk Seni Teater
Bentuk drama/teater berdasarkan wujud penyajiannya dibedakan menjadi tiga yaitu:
1. Tragedi
2. Komedi
3. Tragedi Komedi
Kisah-kisah tragedi ini misalnya kisah Jayaprana dan Layonsari dari Bali. Dimana kedua orang ini harus memilih mati daripada harus dipisahkan cintanya oleh kedua orang tua mereka..

2. Drama Komedi

Drama jenis ini adalah drama yang isi ceritanya penuh dengan humor. Dalam kisahnya biasanya berakhir dengan bahagia (Happy Ending). Drama jenis ini awalnya dipentaskan bagi Dewa apollo atau dewa matahari yang memberi kehidupan dan kesuburan di muka bumi. Istilah komedi berasal dari cosmos yang artinya gembira atau senang. Waktu itu Dipentaskan di Yunani orang-orang menggunakan topeng binatang sambil menari mementaskan kegembiraan sebagai wujud syukur. Di Indonesia Drama komedi sangat berkembang di daerah. Banyak sekali kelompok-kelompok teater yang bisa berkembang di masyarakat. Sebut saja misalnya kelompok Dagelan, sebut saja misalnya Srimulat. Kelompok dagelan ini telah banyak melahirkan tokoh-tokoh terkenal seperti Timbul, Tessy, Basuki, Nunung, Tarzan dan lain -lain. Sedangkan di Betawi juga ada kelompok Lenong yang juga banyak melahirkan tokoh komedi yang terkenal misalnya, Mandra, Mpok Ati, Omas dan lain-lain. Tokoh Komedi yang sangat terkenal bahkan lawakannya juga sering dipakai oleh kelompok-kelompok yang lain misalnya Alm. Benymin S, Alm Bing Slamet.

3. Drama Tragikomedi


Drama jenis ini adalah drama yang menggabungkan antara drama bentuk Tragedi dan bentuk drama komedi. Isi ceritanya memuat kesedihan tetapi didalamnya atau pada tengahannya memuat humoran-humoran segar yang membantu penonton untuk bisa mengikuti kisah atau jalan ceritanya. Didalam pertunjukan wayang orang ditengahnya biasanya ditampilkan tokoh Semar, Petruk, Gareng dan Bagong, Tokoh ini tugasnya memberikan lawakan yang segar untuk menghiasi cerita sedih yang dibawakan oleh pemeran utamanya. Demikian juga dalam pementasan Ludruk, Ketoprak dan Janger (Damarwulan).

35 komentar:

  1. Artikelnya sudah bagus,isinya menarik,singkat,dan padat. Namun menurut kami (Ondel-Ondel) mungkin lebih bagus lagi jika diberi gambar atau tautan contoh drama. Bravo!

    BalasHapus
  2. Artikel yang dibuat pak syaiful cukup mudah untuk saya pelajari dan saya baca namun mungkin jika lebih baiknya untuk pak syaiful dapat di beri media gambar akan lebih mudah untuk dipelajari


    Dari : Regitha Indar Wardhany
    Kelas: 7D (tujuh D)

    BalasHapus
  3. Yuri Aulia Pangestu
    27/ VIID
    SMPN 1 Banyuwangi
    makasih ya pak, berkat blog bapak sekarang saya tahu tentang teater yang sesungguhnya....

    BalasHapus
  4. Dara Qurrotu Aini
    04/VIId
    SMPN1BWI

    "terimakasih ya pak1!!"

    BalasHapus
  5. vhalin tara girinda
    25/VIID
    SMPN 1 BANYUWANGI

    "TERIMA KASIH PAK ATAS ILMU TENTANG TEATERNYA!!!!

    BalasHapus
  6. evelina meisya
    08/VII d
    SMPN1BWI

    " mkasih ya pak atas pengetahuan nya tentang teater!"

    BalasHapus
  7. ninya trisna putri
    16/VII/d
    SMPN1BANYUWANGI
    Terimakasih pak atas infonya

    BalasHapus
  8. NIZA AZIZAH
    17/VII/D
    SMPN 1 BANYUWANGI
    Terima kasih ya pak untuk info teaternya..

    BalasHapus
  9. Dari:Wahyu & Rifki (7D)


    Infonya sdh ckp lngkp
    Akn lbh lgkap lg jka dlngkapi dgn gmbr2 yg mndkung pmhaman

    BalasHapus
  10. Dari: Puspita indra D. (7B)


    dah pak!saya udah baca mungkin bisaa saya cerna, makasih atas infonya...

    BalasHapus
  11. wah! blog buatan bapak bagus bangetzz! n bapak dapat membuat ilmu kami tentang teater bertambah

    BalasHapus
  12. DARI DEVI DWI P.(7B)

    PAK,SAYA SUDAH MEMBACANYA

    DAN TERIMA KASIH KARENA ATAS INFONYA SAYA TAU APA ITU TEATER

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. safira kartikasari(7b)
    pak,saya sdh membacanya!!!
    terima kasih atas info tentang teaternya!!!

    BalasHapus
  15. dari Mutiara Aprilina M. (7B)
    Pak terima kasih atas pengetahuan tentang teater nya!! saya mendapat banyak ilmu yang baru!!
    Terima kasih ya pak!!! ^-^

    BalasHapus
  16. novika(7b)
    makasih ya pak atas info2nya tentang teater. kini,saya tahu apa sebenarnya teater itu!

    BalasHapus
  17. Dari Aliffa Fitri Imani (7B)
    Pak saya terima kasih atas infonya tentang teater.
    Sekarang saya tahu dan mendapat pengetahuan baru tentang apa teater itu. Terima kasih atas infonya Pak!!!

    BalasHapus
  18. cessha adni(7b)

    Terima kasih ya pak atas infonya,jadi saya bisa tahu apa arti teater.

    BalasHapus
  19. firman.hidayat(7B)


    makasih ya pak ! atas penjelasannya tentang apa itu teater?

    BalasHapus
  20. DEO PRADIPTA PS (7B)
    MAKASIH PAK,ATAS
    ILMU TEATERNYA

    BalasHapus
  21. dwikybagas(7b) Matur nuwun pak atas ilmu teaternya

    BalasHapus
  22. Muh Ridho M(7b)

    Terimakasih ya pak
    Saya dah tahu apa itu teather

    BalasHapus
  23. aYu SuKmA <7C>
    sAyA TeLaH mEmBaCa IsI bLoG iNi...dAn SaYa DaPaT mEnJaWaB sEmUa pErTaNyA'aN DaRi BaPaK... TeRiMa KaSiH, yA PaK...

    BalasHapus
  24. Rima Wulandari
    21/ VII D

    terima kasih pak, saya sudah mengerti apa arti teater itu.

    BalasHapus
  25. Tita Rahmita (7B)
    Thanks yach pak atas pengetahuannya tntg teater!!!
    Bsa menambah ilmu & wawasan bagi saya pribadi..

    BalasHapus
  26. wildan(7b)
    terimakasih ya pak atas informasinya sekarang saya bisa tahu apa yang di maksud dengan teater & saya juga bisa tahu tarian-tarian yang ada di indonesia

    BalasHapus
  27. fitri(7b)
    terima kasih ya pak atas informasinya sekarang saya tahu apa itu teater& tarian daerah

    BalasHapus
  28. blogspot pak syaiful bagus sekali,karena dapat menambah wawasan murid-muridnya.

    BalasHapus
  29. oh ya pak terimakasih karena pak syaiful menambah wawasan saya.herlin 7b/11

    BalasHapus
  30. Assalamualikum WR.WB

    kepada Bpk. syaiful
    saya Ervin anak kelas 7c saya sudah membaca asrip Bpk."apa sih teater itu".terima kasih pak atas semua info tentang teater
    semuanya sudah bagus pak...
    tp saya harap diberi gambar-gambar agar lebih menarik dan lebih mudah tuk di pelajari.
    sudah sekian dari saya pak

    wasallammualaikum WR.WB

    BalasHapus
  31. Shafira eston 7b

    -Pak saya telah membaca tentang teater.Terimakasih atas ilmunya.

    BalasHapus
  32. makasih ya pak atas ilmu tentang teater.sehingga sata tahu info tentang teater.

    BalasHapus
  33. sy niza azizah kelas 7d/17
    smp 1 bwi

    BalasHapus
  34. assalamualaikum wr. wb
    pak saya bima kelas 7B. pak sya mau comment blog bapak. makasih ya pak... atas infonya tentang theater atau sandiwara... inilah yang saya tunggu sejak sd kapan ada guru yang mau nerangkan tentang sandiwara secara mendalam.. kalo di sd tuh pak nerngkannya cuma sekilas ex : apa itu sandiwara ? sandiwara adalah ...blablabla nah karena blog bapak ini saya jadi tahu secara mendalam (maaf pak kalau bapak mau blog lagi yg lebih mendalam dari ini) tentang sandiwara.pengetahuan saya bertambah pak. apalagi ada contoh-contoh dan gambarnya pak. membuat saya tambah mengerti.juga tentang janger banyuwangi yang selama ini cuma saya lihat keterangannya di DWU. nah sekarang saya kasih kritik dan saran pak...
    harusnya saat membuat blog, harus perhatikan bullets dan numbering biar yang baca gak bingung pak. saya kadang bingung lihat blog kayak gitu. dan otomatis blog bapak rapinya 98 %,nah terus saat mengupload gambar, usahakan yang High Definition (minimal 720 X 480 pixel) agar mudah dilihat dan pembaca mengerti apa yang dimaksudkan dan tak perlu menyipitkan mata agar tampak jelas karena gambar dengan resolusi rendah akan tampak kurang jelas. nah sudah dulu pak maaf kalo ada yg menyinggung bapak..
    wassalamualaikum wr. wb

    BalasHapus